Literasi TIK

Identitas Mata Kuliah

DUH1A2 Literasi TIK (Teknologi Informasi Komputer)
2 SKS
Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak
Fakultas Informatika  

Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata kuliah Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi berisi pengajaran mengenai pengenalan kebutuhan informasi berupa mencari dan mengevaluasi infromasi untuk kebutuhan mahasiswa. Setelah perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan atau jaringan dalam mendefinisikan (Define), mengakses (Access), mengelola (Manage), mengintergrasikan (integrate), mengevaluasi (evaluate), menciptakan (create) dan mengkomunikasikan (communicate) informasi secara baik dan legal dalam rangka membangun masyarakat berpengatahuan.

Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah

Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan dasar individu  pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Literasi TIK akan menjadi kemampuan dasar mahasiswa untuk bisa mengikuti semua perkuliahan selama mengikuti masa studinya di kampus ini. Tanpa adanya kemampuan dasar TIK, mahasiswa akan kesulitan untuk mengikuti perkuliahannya, apalagi dapat menyelesaikannya dengan baik.

Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah Lainnya

Perkuliahan ini dirancang untuk mahasiswa tingkat pertama dengan latar belakang kemampuan TIK yang beragam. Tidak ada syarat untuk mengikuti perkuliahan ini karena merupakan matakuliah dasar. Dengan latar belakang kemampuan TIK yang beragam tadi, mata kuliah ini diharapkan bisa menjadi standar kemampuan TIK untuk mahasiswa.

Peta Materi atau Pokok Bahasan

  1. Pengantar literasi ICT
  2. Pengenalan kebutuhan untuk informasi dan menentukan sifat dan luasnya informasi yang dibutuhkan
  3. Penemuan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien
  4. Kritis dalam mengevaluasi informasi dan proses mencari informasi
  5. Pengelolaan informasi yang dikumpulkan  atau dihasilkan
  6. Penggunaan  informasi baru untuk membangun konsep baru atau membuat  pemahaman baru
  7. Penggunaan informasi dengan pemahaman dan mengakui budaya, etika, ekonomi, masalah hukum, dan sosial seputar penggunaan informasi

Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-learning (Navigasi Belajar Mandiri secara online untuk satu MK)

  1. Pengantar literasi ICT
  2. Praktek & Review
  3. Pengenalan kebutuhan untuk informasi dan menentukan sifat dan luasnya informasi yang dibutuhkan, Penemuan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien
  4. Praktek & Review
  5. Kritis dalam mengevaluasi informasi dan proses mencari informasi
  6. Praktek & Review
  7. Presentasi tugas pencarian review berbasis literature search (kombinasi akademis dan populer) untuk information problem solving dengan tema ICT for Development
  8. Pengelolaan informasi yang dikumpulkan  atau dihasilkan
  9. Praktek & Review
  10. Penggunaan  informasi baru untuk membangun konsep baru atau membuat  pemahaman baru
  11. Penggunaan informasi dengan pemahaman dan mengakui budaya, etika, ekonomi, masalah hukum, dan sosial seputar penggunaan informasi
  12. Konsultasi Tugas Besar
  13. Praktek & Review
  14. Presentasi Hasil Tugas Besar

Keterangan

  1. Unduh materi pembelajaran yang sudah disediakan (slide materi dan video)
  2. Pelajari materi tersebut
  3. Jika ada yang akan ditanyakan atau hal yang akan didiskusikan gunakan forum yang telah disiapkan. Anda bisa me-generate forum dengan topik tertentu  sesuai pokok bahasan
  4. Kerjakan Quiz sesuai pokok bahasan dan tidak melebihi waktu yang telah ditentukan
  5. Kerjakan Tugas sesuai pokok bahasan dan tidak melebihi waktu yang telah ditentukan
  6. Ujian Tengah Semester akan diberikan pada minggu ke-8
  7. Ujian Akhir Semester digantikan dengan Laporan Tugas Besar serta presentasi Tugas Besar tersebut, dilaksanakan pada minggu ke-14 dan minggu ke-15

Best Practice (Tips and Trick) Mempelajari Mata Kuliah

Kemampuan menggunakan mensin pencari adalah skill utama yang harus diasah, hampir semua informasi yang dibutuhkan saat ini tersedia di internet, kita hanya membutuhkan kata kunci pencarian yang pas untuk mendapatkan infromasi tersebut.

Informasi Terkait Sertifikasi yang Berkaitan

Microsoft Office Specialist (MOS)

Dosen Pengampu

Donni Richasdy (DRI)
[email protected] 

Referensi Mata Kuliah

Referensi Utama

  1. Information Literacy Competency Standards for Higher Education, American Library Association, 2000
  2. Framework for Information Literacy for Higher Education, The Association of College & Research Libraries, 2015
  3. Modul Praktikum Aplikasi Perkantoran dan Pencarian Informasi, Tim Penulis Modul Praktikum S1 Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Universitas Telkom, 2015
  4. California ICT Digital Literacy Assessments and Curriculum Framework, 2008
  5. Australian and New Zealand Information Literacy Framework: principles, standards and practice, second edition, Australian and New Zealand Institute for Information Literacy, 2004

Referensi Pendukung

    1. John L.Gordon , Creating Knowledge Maps by Exploiting Dependent  Relationships in: Knowledge Based Systems, Vol13 (April 2000), pages 71 – 79, Elsevier Science 
    2. Novak, J. D. & A. J. Cañas, The Theory Underlying Concept Maps and How to Construct and Use Them, Technical Report IHMC CmapTools 2006-01 Rev 01-2008, Florida, Institute for Human and Machine Cognition, 2008 
    3. Walraven, A., Brand-Gruwel, S., & Boshuizen, H.P.A. (2009). How students evaluate sources and information when searching the World Wide Web for information. Computers and Education  25 (1), 234-246

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *